Gorengan Berbahaya, Kenali Ciri-Cirinya

Ngemil di sela-sela bekerja atau mengganjal perut sebelum waktu makan tiba sudah menjadi hal yang biasa. Cokelat, kacang, roti atau penganan ringan lainnya kerap mengisi perut keroncongan kita. Selain makanan-makanan dalam kemasan, gorengan juga merupakan salah satu camilan favorit karena memiliki banyak varian dengan rasa yang enak dan mengenyangkan. Gorengan mudah didapatkan di warung terdekat atau di penjual gorengan yang biasanya membuka lapak di pinggir jalan. 

Kenikmatan dan kerenyahan gorengan ternyata tidak baik bila dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan. Gorengan mengandung kolesterol tinggi dan kandungan tidak baik lainnya. Bahkan ada penjual gorengan yang menambahkan plastik ke dalam minyak goreng untuk menggoreng agar gorengan renyah dan tidak mudah basi. 

Fakta miris ini tentu membuat kita berpikir dua kali untuk jajan gorengan lagi. Namun bila Anda ingin menikmati gorengan yang enak dan sehat, ada beberapa tips untuk mengenali ciri-ciri gorengan yang mengandung bahan berbahaya dan tidak layak untuk dikonsumsi: 

1. Gorengan dengan warna mengkilap 

Gorengan dengan warna mengkilap berarti digoreng dengan minyak goreng yang dicampur dengan plastik. Hindari membeli gorengan dengan warna kuning keemasan mencolok. 

2. Pada gorengan terdapat bercak-bercak putih 

Bercak-bercak putih pada gorengan ini berasal dari plastik yang dilelehkan di dalam minyak goreng. Plastik ini lelehnya tidak sempurna sehingga menggumpal dan menempel pada kulit gorengan. 

3. Gorengan yang renyah tapi sedikit pahit 

Anda membeli gorengan sudah berjam-jam yang lalu tapi masih renyah dan berasa sedikit pahit? Maka gorengan yang Anda beli mengandung kapur yang dicampurkan pada adonan gorengan. Kapur membuat gorengan awet dan tetap renyah walau sudah dingin selama berjam-jam. 

4. Gorengan dijual dengan harga yang sangat murah 

Bila Anda ditawari untuk membeli gorengan dengan harga yang jauh berbeda dengan yang lainnya maka Anda patut curiga karena bisa saja itu gorengan yang sudah basi atau mengandung formalin sehingga awet hingga berhari-hari. 

5. Gorengan berbau menyengat 

Bila gorengan berbau menyengat dan memiliki rasa yang aneh maka gorengan itu mengandung terlalu banyak MSG dan penyedap rasa lainnya. MSG dan penyedap rasa tidak baik dikonsumsi dalam kuantitas yang banyak jadi hindari membeli gorengan yang seperti ini. 

Ada banyak cara untuk tetap menikmati gorengan tanpa kekhawatiran. Anda bisa membuat gorengan sendiri karena bagaimanapun juga gorengan yang dimasak sendiri akan lebih sehat dan higienis serta tidak mengandung bahan berbahaya. (vemale)

No comments:

Post a Comment

 

PENCARIAN


Kenapa Harus Obat Peninggi Badan Tiens

Obat Peninggi Badan Grow Up VS Obat Peninggi Badan Tiens

Powered by Blogger.